Tentang Canaksa

Canaksa merupakan akronim dari Catatan Anak Bangsa. Sebuah media online yang penulis gunakan untuk menumpahkan segala lintasan ide di dalam otak. Beragam Pengetahuan yang tersirat dan tersurat di bumi nusantara inilah yang melatarbelakangi dibuatnya halaman ini. Indonesia yang plural akan etnis, budaya, bahasa, dan pengetahuan pasti membuat semua orang yang bertempat tinggal dan mengunjunginya akan terpukau. Sekarang penulis sedang menempuh pendidikan di Kota Denpasar (sekarang bekerja di instansi pemerintah, 2012-pen), sebuah kota yang kaya dan kental akan budayanya. Budaya yang begitu kuat di kota inilah menjadi motivator kuat bagi siapapun untuk menggali potensi budaya daerah yang belum tergali.

Calon Arang

Calon Arang

Ogoh-ogoh, salah satu kebudayaan Bali yang tidak tergerus roda globalisasi. Patung yang dibuat masyarakat pulau dewata sebelum Hari Raya Nyepi tiba ini, merupakan perlambang kekuatan roh jahat. Ritual pengarakan patung ini di kota-kota dan prosesi pembakaran dimalam hari merupakan perwujudan hancurnya roh jahat ditangan manusia. ‘Roh jahat’ kerap kali memboncengi manusia dalam melakukan segala perbuatannya, keraguan untuk ‘membakar’ merekalah yang menjadikan kehidupan penuh dengan kegelisahan, permusuhan, dan kebingungan. Saya berharap canaksaindonesia ini dapat menjadi media dalam menumbuhkan tekad kuat ‘membakar roh jahat’ dalam diri .

padang-padang beach

padang-padang beach

Alam merupakan wujud kasih sayang Tuhan dan sumber utama kehidupan manusia. Alam dan manusia bagaimanapun harus berdampingan hidup dalam kecintaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Akal manusia menjadikan mereka merasa harus mengelola alam agar tata kehidupan menjadi lebih baik. Besarnya alam tentu membutuhkan tenaga ekstra jika dikelola oleh satu individu, oleh karenanya individu individu–yang kodratnya menjadi khalifah di bumi– saling berhimpun dan bekerjasama dalam mengelola alam yang begitu besar ini. Kehidupan semakin kompleks, manusia terus berubah sesuai alam dan akalnya, ini sudah hukumnya. Maka canaksaindonesia berusaha mengulas semua segi kehidupan : sosial budaya, ekonomi, politik, filsafat, pendidikan, hukum, dan pariwisata

Denpasar, 10 April 2010

Ferry Fadillah

  1. #1 by ReadersHeaven on September 23, 2010 - 21:46

    Hi, nice to meet you !

  2. #3 by sandy on May 8, 2012 - 13:19

    wow kang mas wow!!

  3. #4 by fasyaulia on July 19, 2012 - 22:09

    Hallo. Salam kenal Fer😀

    • #5 by Ferry Fadillah on July 21, 2012 - 15:15

      salam kenal juga fasyaulia, thanks sudah mampir🙂

  4. #6 by dindatravelling on September 15, 2012 - 14:46

    wah keren2 euy adventure nya🙂

  5. #9 by gadgadis on April 9, 2015 - 15:43

    terimakasih sudah follow back mas, heheh.

    • #10 by Ferry Fadillah on April 9, 2015 - 15:45

      sama-sama.. salam kenal..

      • #11 by gadgadis on April 9, 2015 - 19:01

        iya kaaaak🙂

  6. #12 by ar syamsuddin on February 1, 2016 - 15:43

    Salut dengan latar belakang dan motivasi dibuatnya CanaksaIndonesia ini, yaitu Indonesia yang plural dalam berbagai aspeknya. Terus kerkarya mewujudkan cita dan harapan.
    Salam dari Dompu-NTB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: