Sudahkah Mengerti?

Pembangunan mega gedung, buruh-buruh berduyun menyusun pondasi, kerlap-kerlip lampu ibu kota, lalu lalang kendaraan bermotor, begitulah pemandangan yang saya saksikan dari jendela kamar nomor 610, Park Hotel, Cawang, Jakarta.

Jakarta. Sebuah kota sentral yang dinisbatkan sebagai tolak ukur kemajuan indonesia. Ruwetnya Jakarta adalah ruwetnya Indonesia, majunya Indonesia adalah majunya Jakarta. Padahal kalimat tersebut tidak sepenuhnya benar.

Kemajuan ekonomi hanya mengukur hal-hal yang terindra. Melihat infrastruktur sebagai kemajuan, tingkat konsumsi sebagai kekayaan, keterserapan tenaga kerja sebagai prestasi. Namun lupa arti sebuah keadilan. Terdistribusinya kemakmuran bagi segenap bangsa Indonesia.

Dibalik gedung-gedung megah itu tercecer masyarakat yang kedinginan. Mereka tidak mendapatkan tempat yang layak untuk hidup. Merana, sengsara. Mereka hanya menerka, “Siapa gerangan ratu adil yang akan datang?”

Doa-doa belum juga terjawab. Sebuah imaji bahwa Tuhan akan turun tangan mengatasi ketimpangan sosial ini hanya menuju khayali belaka. Sang Tuhan terlalu suci untuk mengotori tanganNya, Ia dengan gagah duduk di singgasana, menyaksikan gelagat kita dengan saksama. Ia bukan acuh, jahat, atau kejam. Namun demokrasi yang belakangan ini kita elukan sebagai dewa telah mengubah cara pandang kahyangan : manusia harus bebas dan independen, mereka harus menentukan nasibnya sendiri.

Kahyangan memberi independensi, pemimpin cenderung melupakan, lantas kaum marginal harus mengadu kepada siapa?

Putus asa –sebagai reaksi dari kekecewaan- mulai menjakiti masyarakat. Agamawan hanya bisa memberi solusi teks suci tanpa solusi nyata ekonomi. Politisi hanya bisa tebar janji  tanpa secuil pun realisasi. Jadi jangan salahkan masyarakat jika akhir-akhir ini mulai bertindak anarki, karena mereka hanya ingin dimengerti.

Dan sudahkah, saya, anda dan kita mengerti?

Ferry Fadillah
Jakarta, 13 November 2012

, , , , , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: