Yang Seharusnya dengan Yang Ada

Pertama, saya tidak pernah menyatakan dengan resmi bahwa tulisan  ini merupakan manifestasi kegalauan anak muda.

Kedua, saya begitu menaruh hormat kepada setiap munusia yang membaca tulisan ini dengan tanpa prasangka terlebih dahulu, terbuka, dan tulus ikhlas menerima perbedaan perspektif.

***

Butuh keberanian besar unutk menjungkirbalikan suatu nilai bukan ? Apalagi ketika nilai itu sudah mengakar kuat dalam sistem sosial tertentu dan anggota dari sistem itu sudah tertidur pulas untuk mengkritisi benar atau tidak nya nilai yang mereka anut selama ini.

Namun bagi sebagian orang, yang tercerahkan, yang berani mempertanyakan nilai-nilai yang sudah tertancap itu, maka akan ada selalu pertentangan antara apa yang ada  dengan apa yang seharusnya ada.

Beberapa orang dengan kekuatan ekonomi, politik, strata sosial, keningratan dan sebagainya sukses memperjuangan nilai-nilai yang seharusnya ada dalam sistem sosial. Namun di sisi lain, mereka dengan semangat perubahan tinggi, namun dengan segala keterbatasan ekonomi, politik, strata sosial, keningratan, fisik dan sebagainya hanya bisa bergumam dalam hati dan berdoa kepada yang Kuasa akan stabilitas sistem sosial yang ideal di masa depan.

Ada pertanyaan yang cukup membuat saya berpikir keras ?

Apa ia  perubahan itu harus dimulai dengan segala keber-ada-an kita. Kalau memang kita mampu, ber-ada-, bisa, maka dimana letak perjuangannya?

Perjuangan untuk membalikan nilai-nilai yang seharusnya ada dalam suatu sistem sosial lah yang menjadi kesolehan jalan hidup bagi mereka yang menjalaninya. Dengan keterbatasan ia berjuang dengan cara masing-masing, tidak mengharap doa, uang atau berkah dari agamawan.

Dan pada titik maksimal, ketika perjuangannya selesai dibawah garis kehendak Tuhan, maka kehidupannya akan menjadi inspirasi bagi kehidupan sesama.

Terpujilah mereka para pejuang.

Terkutuklah mereka yang lama tertidur.

Ferry Fadillah
Bali, 29 Mei 2012

, ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: