Berbaik Sangka

Banyak orang pikir bahwa apa yang tampak di muka, atau secara kasat mata terlihat,  menggambarkan apa yang ada di dalamnya, padahal tidak semua seperti itu. Seperti pitutur  bahasa inggris, Don’t judge a book by its cover, bergitulah kiranya manusia harus berbaik sangka dengan sesama.

Pertikaian yang sering terjadi di dunia ini sebagaian besar akibat hilangnya baik sangka antar sesama. Semua saling ngomongi neng buri (membicarakan orang dibelakang) tanpa mau mengklarifikasi apakah tuduhan tersebut benar apa salah. Akibatnya bisa fatal, masyarakat kehilangan keharmonisan dengan sesamanya, padahal hal tersebut penting bagi makhluk berakal dan berahlaq.

Yang penting diingat mengenai baik sangka adalah jangan sampai baik sangka yang berlebihan menjadikan manusia lugu. Dalam artian tanpa ada sikap kehati-hatian dan kewaspadaan. Baik sangka disini masih dalam batas kewajaran, dalam artian harus ada kadar kewaspadaan tetapi harus ditonjolkan sifat berbaik sangka itu. Jika dikonversi dalam angka aritmatik, bisa jadi 20% kewaspadaan dan 80% berbaik sangka.

Pasangan suami istri kerap terlibat percekcokan karena tuduhan sang suami yang ‘ada main’ dengan rekan kerja, padahal tuduhan itu masih belum terbukti, bisa berakhir dalam meja perceraian. Seorang pengusaha yang selalu berburuk sangka akan hilangnya harta dunianya, maka ia tentu akan berlebihan dengan pengamanan rumahnya, ia sediakan anjing penjaga,pasang pagar yang tinggi dan sebagainya, dan pada akhirnya keburuk sangkaannya itu akan meggerogoti ketenangan jiwanya,sehingga jangan heran mereka sering terkena penyakit-penyakit aneh yang bersumber dari stress.

Setelah memahami pentingnya dan dampak dari hilangnya baik sangka dari masyarakat, yu kita sama-sama menciptakan hati kita ini dipenuhi oleh sifat tersebut, dan menularkannya ke kerabat-kerabat kita terdekat. Semoga baik sangka menjadi tanaman yang berbuah kebaikan di kemudian hari.

Amin Ya Rabb..

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: