Susahnya untuk Tidak Pura-Pura

Manusia memang makhluk yang sangat kompleks, selain dianugerahi rupa yang beragam bagi kelangsungan hidupnya, mereka juga dianugerahi perasaan yang beragam bagi pewarna kehidupannya. Perasaan-perasaan tersebut terkadang menjelma menjadi sikap tubuh dan sikap bicara yang bermacam-macam. Nada tinggi dan muka merah berarti ia marah atau nada rendah dan muka ramah yang menandakan  ia senang.

Akan tetapi ada saja manusia yang dapat menyembunyikan perasaan-perasaannya dalam kebohongan sikap tubuh dan nada bicaranya. Ketika marah ia tersenyum. Ketika tidak suka ia bersikap ramah. Perasaan-perasaan ini dengan sukses disembunyikan dan tentu memiliki dua sisi akibat yang berbeda. Positif dan Negatif.

Ketika perasaan negatif memuncak dan keluar menjadi sikap tubuh dan sikap bicara yang positif maka ia menjadi hal positif bagi orang yang menjadi lawan bicaranya, tetapi menjadi hal negatif dalam diri orang yang menerima perasaan negatif tersebut.  Betapa tidak, ia harus berpura-pura dalam ketidak inginannya untuk berpura-pura. Kenapa tidak manusia mengatakan ‘Aku tidak suka itu!’ atau ‘aku benci itu!’  langsung kepada lawan bicaranya untuk perasaan-perasaan negatif yang ia terima daripada harus memendam perasaan negatif yang kelak akan menimbullkan jerawat diseluruh permukaan kulitnya (?).

Mungkinkah budaya ramah tamah yang sudah mengakar kuat dalam jiwa bangsa kita menjadi salah satu alasannya. Penulis sendiri tidak tahu jawabannya.

Ferry Fadillah. 30 Oktober 2010. Di Pulau Dewata.

  1. #1 by sandy on May 8, 2012 - 13:09

    Berat sekali apa yang diucapkan oleh kang ferry ini saya jadi bingung.. matur suwun..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: