Sang Anak Pengembara

Damainya bumi parahyangan dan sejuknya alam parahyangan telah terukir kuat dan jelas dalam benak seorang anak yang pada tahun 1992 terlahir disana dari rahim seorang urang awak. Berjuta-juta kenangan yang telah menjadi lembar emas sejarah selalu terngiang-ngiang walaupun raga sudah tidak menginjakan kaki di tanahnya. Daerah yang menjadi tulang punggung para perantau etnis sumatra dan jawa tersebut kini mengecil ditelan kabut putih selat bali dan mengabur ditenggak batuan kokoh Gunung Batur.

Kini tanah yang dijuluki Pulau Dewata dengan keindahan pantai-pantainya menjadi tempat pengembaraan seorang anak trah parahyangan. Bukan karena keinginannnya dan bukan pula karena keinginan orang lain tetapi keinginan keadaan yang terkadang memaksa orang untuk menjalankannya dan ikhlas dihadapannya.

Ragu. Bimbang. Nafsu. Kerap terlintas dalam bayang-bayang pikiran seorang anak, yang pada akhirnya menciptakan ketidaksiapan. Tapi, seperti sebelumnya, keadaan terkadang memaksa manusia untuk selalu siap dengan beragam resiko yang kelak akan menjadi buahnya.

Harap-harap cemas yang selalu menemani dalam doa ketika bersimpuh dihadapan Sang Kuasa menjadi obat bagi anak pengembara tersebut. Ditambah ‘bekal ghaib’ dari sang wanita perkasa yang telah mengandung anak dengan peluh dan derita telah menjadi vitamin bagi jiwa-jiwa yang pencemas. Apalagi ‘bekal ghaib’ itu jika bukan doa ibu namanya.

Dan pada akhirnya. Hanya dua hasil yang akan dipanen anak pengembara- bukan hanya dia tetapi semua anak pengembara dari berjuta-juta pulau di saptabuana. Berhasil dengan senyum lebar yang selalu tersungging di mukanya yang cerah atau gagal dengan muka muram yang menopeng dalam jiwa yang lara.

 

Ferry Fadillah. 30 Oktober 2010.Di kamar kost yang penuh dengan barang titipan.

, ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: