Mahasiswa STAN Gagalkan Kecurangan Peserta USM

Hand Phone dan kaos dalam kusus yang ditemukan mahasiswa STAN

Ujian Saringan Masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang diselenggarakan hari ini(20/06/2010) di Kota Denpasar digemparkan dengan ditangkapnya 10 peserta ujian yang berusaha melakukan kecurangan selama kegiatan ujian berlangsung.

Ujian yang serentak diselenggarakan  dibeberapa kota di Indonesia ini, menggunakan tenaga mahasiswanya sebagai Tim Kerja Sekertariat yang bertugas membantu Kepala Sektor dalam mempersiapkan perlengkapan Pengawas Ujian. Selain itu juga, dua hari sebelum ujian dilaksanakan, mahasiswa telah diberikan tugas khusus untuk menangkap sindikat kecurangan USM yang tahun lalu banyak terbongkar di beberapa kota penyelenggara ujian.

Berkat ketepatan informasi intelegen yang diberikan Penyelenggara Diklat Keuangan Kota Denpasar, siang tadi , beberapa mahasiswa berhasil menangkap peserta ujian yang menggunakan peralatan canggih untuk berkomunikasi selama ujian. Peserta yang melakukan kecurangan ditangkap di dua lokasi ujian yang berbeda yaitu  SMAN 1 Denpasar (7 orang) dan SMA Dwi Jendre (3 orang) dengan rincian pelaku yakni  LMH, MA, FA, L, AAP, HKP, yang semuanya berasal dari Sulawesi Selatan sedangkan pelaku yang satu lagi berasal dari Papua Barat (noname) dan 3 pelaku di SMA Dwi Jendra yang sampai saat ini penulis belum dapat ketahui namanya.

salah seorang pelaku yang sedang membuka kaos khusus, mukanya polos dan tidak ada kegugupan selama mengerjakan ujian, namun setelah ujian lama berlangsung, pelaku baru mengerjakan segelintir soal

Ada kesamaan alat yang mereka gunakan dalam melancarkan aksinya, yaitu kaos dalam berwarna putih yang memiliki tempat khusus untuk menyimpan alat elektronik berupa : HP yang sudah dihilangkan keypad nya dan alat pendengar khusus di bahu sebelah kanan. Masing-masing HP memiliki nomor yang masih belum diketahui fungsinya. Seorang tersangka mengaku membayar sebesar lima puluh juta rupiah kepada seseorang untuk mendapatkan peralatan tersebut. Menurut penuturan beberapa pengawas, pelaku pada umumnya belum atau hanya sedikit mengerjakan soal setelah waktu ujian lama berlalu.

Sekarang para pelaku di giring ke tempat panitia ujian untuk dimintai keterangan terkait pelaku lain yang belum tertangkap. Dan menurut salah seorang penangkap, pelaku akan diserahkan kepada pihak kepolisian untuk proses penyidikan.

Laporan :FF/canaksaindonesia.wordpress.com

, ,

  1. #1 by Reyditia Tri Putra on June 20, 2010 - 19:03

    Assalamu’alaykum, handphone sudah dihilangkan keypadnya bener itu? kok di gambar kayaknya masih ada keypadnya ya hehe
    Wass.

    • #2 by Ferry Fadillah on June 20, 2010 - 19:27

      sebagian keypadnya..
      maaf ralat, tadi cepet-cepet..

      salam sukses, bahagia selalu

  2. #3 by Antony on June 20, 2010 - 21:19

    Saya jg tadi menangkap basah 2 orang yg modusnya sama seperti yg diberitakan di atas… Mulai dari HP sampai baju, hanya saja bajuny pake warna abu2 lengan panjang…

    Kejadiannnya di Palembang, tepatnya SMA 1 Muhammadiyah Palembang Sektor 6 Lantai 4

    • #4 by Ferry Fadillah on June 20, 2010 - 21:41

      Ehhhmmm.. beda warna ya, bung
      apakah satu jaringan?
      total ada berapa pelaku di palembang?

  3. #5 by fatikanisa on June 20, 2010 - 22:14

    astagaaa…
    astaghfirulloh..
    baru di awal aja udah kaya begini..
    jadi malu dengan keadaan ini

  4. #7 by nurulkucingkelinci on June 21, 2010 - 07:20

    wah..wah..
    untung aja ketahuan…

  5. #8 by fayanuar on June 21, 2010 - 09:05

    itu alat komunikasi bagaimana cara menggunakannya?

    semoga di kesempatan mendatang ada alat untuk mendeteksi alat komunikasi agar kecurangan seperti ini bisa lebih dihindari,

    • #9 by Ferry Fadillah on June 21, 2010 - 09:37

      Saya belum tahu persisnya, bung
      setahu saya itu alat komunikasi satu arah, jadi menunggu instruksi dari jaringan pusatnya

      salam sukses

  6. #10 by arie on June 21, 2010 - 18:26

    kaka saya minta tolong untuk USM STAN di tingkatkan lagi pengawasannya ..
    masa iyah saya harus bersaing dengan anak – anak yg CURANG …

    saya yakin bukan hanya segelintir orang yang melakukan kecurangan tapi masuh lebih banyak lagi dengan CARA2 LAINNYA …
    tolong di perhatikan y ka … untuk semua pengawas harus lebih tegas … PLISSSS

    • #11 by arie on June 21, 2010 - 18:27

      …… kecurangan *SEPERTI ITU * tapi ………………

      maff kselahan teknis

    • #12 by Ferry Fadillah on June 21, 2010 - 18:48

      terima kasih masukannya, bung
      beberapa rekan mahasiswa, alhamdulillah, telah berhasil beberapa pelaku di berbagai kota..
      sekarang mereka semua sedang dalam penyidikan aparat kepolisian..
      kita doakan saja agar cepat terbongkar semuanya

      salam sukses, bahagia selalu

      • #13 by arie on June 22, 2010 - 20:21

        iya sama2 semoga brhasil dan sukese

  7. #14 by Lukman Nulhakim on June 22, 2010 - 18:17

    Assalamualaykum . . .

    Saya juga peserta USM STAN 2010. Saya hanya kasihan dengan saudara diatas. Udah bayar mahal katanya 50 juta hanya untuk bisa lolos USM STAN. Menurut saya sebaiknya yakin dengan kemampuan sendiri dan berikhtiar dan berdoa dengan sekuat tenaga daripada curang

    @ Arie : kenapa kamu bilang seperti itu! Apakah kamu tidak percaya dengan kemampuanmu. Allah SWT itu maha melihat dan maha tahu segalanya. Jadi tidak usah menyangsikan-Nya. Dia juga maha adil dan menghendaki sesuatu sesuai dengan kehendak-Nya

    • #15 by arie on June 26, 2010 - 14:42

      @lukman :

      saya cuma bilang untuk lebih tegas pada smua pengawas karena setiap ruangan berbeda2 sikap pengawas itu , untuk masalah kata ” saya bersaing dgn anak2 yg curang ” itu agar setiap pengawas lebih memperhatikan setiap peserta usm di selruh indonesia dan agar memperhatikan apakah orang yg mengikuti usm tersebut hasil sendiri atau bukan …
      saya percaya pada ALLAH SWT , saya tidak meragukan kemampuan saya.. percuma saja saya berdoa dan berikhtiar pada -NYA bila saya tidak percaya pada-NYA …
      mungkin anda salah paham mengenai ini
      tolong koreksi kembali

  8. #16 by arie on June 26, 2010 - 14:55

    maaf 1 lagi …
    mungkin saudara lukman lihat pendapat saudara ferry faddillah , dia mengerti apa tujuan dan maksud saya berpendapat seperti itu ..

  9. #17 by dedy on June 28, 2010 - 19:55

    kayaknya susah mau curang, la wong soalnya aja susah2 kok hehe

  10. #19 by arie on July 1, 2010 - 10:39

    asik segar lah pokonya y ka

    hhahha

  11. #20 by nani on July 1, 2010 - 14:12

    haahahah yang nangkap tu anak2 hebat slamat buar ferry

    ferry kok bisa tau yach???hebat……………..deh ……………kamu ferry

    tapi aku msh ragu jgn2 ferry jg msk STAN dengan cara yg sama dengan anak2 itu….
    kok bia tau……jujur aja fer????????

    just kidding
    tp moga2 tdk..

    • #21 by Ferry Fadillah on July 1, 2010 - 14:57

      yang hebat itu catatan inteligen dari penyelenggara ujian dan sahabat saya yang mempelopori penangkapan, saya dapat instruksi saja..

      haha
      kaga lah, klo gitu sih mending kedokteran., hehe

  12. #22 by dyah on August 22, 2013 - 13:45

    kasian buat mereka yg berusaha jujur namun tetep tidak lolos…hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: